Peluang Usaha Servis Sofa
Sofa adalah furnitur wajib yang bisa ditemukan di hampir
setiap rumah. Banyak kalangan yang lebih memilih melakukan reparasi daripada
harus membeli furnitur baru. Dengan modal lebih sedikit, mereka bisa menyulap
perabotan yang lama menjadi baru kembali. Hal ini menjadi ceruk bisnis yang
menguntungkan untuk bagi pelaku usaha yang bergerak di bidang reparasi.
Usaha
Servis Sofa
Contoh: Pemikiran tersebut menjadi sumber inspirasi dan
meyakinkan Miko Handoko untuk terjun dalam bisnis reparasi furnitur, Nusantara.
Di workshop yang berada di Jalan Pejaten, Jati Padang, Pasar Minggu, Jakarta
Selatan, dia menerima reparasi berbagai jenis furnitur. Sebanyak 70% perabotan
yang ditanganinya selama ini adalah sofa.
Dia menangani berbagai jenis sofa, mulai dari sofa terbaru
sampai dengan sofa atau kursi tua, buatan dalam negeri hingga buatan luar
negeri. Umumnya pelanggan meminta perbaikan ganti kulit/bahan, perkuat rangka,
ganti webbing/pegas/karet, dan tambah/ganti busa.
Contoh adalah Miko seorang pengusaha servis sofa .“Usaha ini
masih menyisakan peluang yang besar dan akan terus berkembang. Sebab kami ada
untuk menjawab keinginan pasar yakni tidak perlu mahal untuk mendapatkan sofa
berkulitas, dan tak perlu mengikuti sofa di pasaran apabila ingin berbeda,”. Miko mulai terjun dalam Nusantara Sofa sejak
2014 lalu. Usaha tersebut sebenarnya sudah berdiri isejak 1980-an, dirintis
oleh keluarganya. Fokus bisnisnya yakni perbaikan sofa untuk kalangan konsumen
rumah tangga.
Perkembangan bisnisnya saat itu sangat lambat lantaran
promosinya hanya mulut ke mulut. Lulusan S1 Hubungan Internasional, IISIP
Jakarta itu lantas tergerak mengembangkan usahanya karena melihat peluang yang
besar jika bisnisnya digarap secara serius dan modern. Saat memulai usaha ini, Miko
mengeluarkan modal sekitar Rp25 juta untuk sewa toko dan membeli sejumlah
peralatan kerja dasar seperti mesin jahit, streples. Dari hasil keuntungan, dia
perlahan menambah peralatan kayu.
Dia juga membenahi sistem promosi dengan memanfaatkan teknologi dan membarter pembuatan website
dengan memperbaiki sofa pembuatnya. Selain itu, dia juga mencari sumber daya
manusia yang mumpuni berupa tukang yang berpengalaman dan punya jiwa seni
tinggi untuk mengerjakan furnitur dari kayu agar produk yang dibuat dan direparasi
tidak hanya asal selesai dan kuat, tetapi juga estetis.
Saat ini ada tiga orang tukang yang mengerjakan reparasi
sofa. Di luar itu, ada sejumlah tukang freelance yang bisa dipanggil
sewaktu-waktu ketika order sedang banyak Selain perbaikan sofa, layanan yang
ditawarkan Nusantara Sofa meliputi pembuatan sofa custom dan ubah model sofa.
Belakangan banyak pelanggan yang meminta dibuatkan produk furnitur lain seperti
kitchen set, lemari, meja rapat/resepsionis, gorden, partisi ruangan, tempat
tidur dan mini bar.
Tarif Bisa
Sesuai Budget
Untuk jasa reparasi sofa, tarif yang dia berikan sangat
beragam. Varibelnya antara lain jumlah dan jenis kain yang digunakan. Ada dua
jenis bahan, lokal dan impor dengan harga mulai dari Rp50.000/meter –
Rp800.000/meter.
Variabel lainnya yakni jumlah dudukan / seat pada sofa. Tiap
dudukan dikenai jasa perbaikan Rp150.000.
Selain itu ada juga biaya tambahan jika pelanggan ingin menambah busa.
Sebagai gambaran untuk sofa yang pakai 10 meter kain seharga
Rp100.000/meter dan satu sofa ada 3 seat, biayanya total Rp1,750 juta terdiri dari biaya bahan
Rp1 juta, biaya jasa Rp450.000, dan material seperti pembelian lem, benang dan
karet kurang lebih Rp300.000.
Pria 32 tahun ini berujar, rata-rata kapasitas produksi
Nusantara Sofa sekitar 30-50 set per bulan dengan satu set umumnya berjumlah
enam dudukan. Kendati dia mengaku siap melayani seluruh Nusantara, permintaan
pelanggan sejauh ini kebanyakan dari Solo kota.
Pelanggan Miko sebanyak 55% dari kalangan rumah tangga,
sisanya dari kantor, perusahaan design interior, café, sekolah, restoran,
apartemen dan hotel. Dia menggunakan jasa pihak ketiga berupa desainer
professional untuk mengerjakan bagian sketsa atau design sofa.
“Rata-rata pendapatan masih dalam kisaran puluhan juta.
Sedangkan untuk margin, rata-rata belasan juta. Jelasnya, margin yang bisa
dibawa pulang jauh lebih besar jumlahnya ketimbang gaji perbulan saya dahulu
ketika bekerja,” tuturnya.
Jasa Survei
Gratis
Proses pemesanan jasa reparasi cukup mudah. Timnya akan
mendatangi konsumen untuk mengukur sofa memberikan pilihan kain. Pelanggan bisa
mengubunginya lewat email atau ke nomor yang dia informasikan di situs
websitenya, www.servissofasolo.com.
Cara lainnya yakni pelanggan bisa mengirimkan foto sofa, dan
dia akan memberikan perkirakaan jumlah kain yang diperlukan, dan pilihan kain
dan warnanya yang bisa disesuaikan dengan budget.
Jika harga deal, timnya akan mengambil sofa untuk dibawa ke
workshop. Dalam beberapa kasus, ada juga pelanggan yang ingin sofa tuanya
direparasi di rumahnya sendiri. Dia memberikan jasa survey gratis untuk
pelanggan di Solo.
Lama waktu pengerjaan satu set sofa bervariasi tergantung
kesulitannya. Walau rata-rata pengerjaan 2-3 hari per set sofa, demi
meminimalisir ketidaktepatan waktu, biasanya dia menjanjikan waktu satu minggu
kepada klien.
Baginya, servis terkait ketepatan waktu pengiriman harus
tetap dipenuhi dengan baik sebagai salah satu strategi agar bisa bersaing dalam
bisnis yang sudah semakin ketat.
Strateginya yang lain yakni mengikuti arus jaman teknologi
dengan memanfaatkan internet untuk memaksimalkan promosi. Yang tak kalah
penting, dia juga mementingkan soal kualitas dan kepuasan pelanggan, dua hal
utama dalam bisnis di bidang jasa.
Ke depannya, Miko bercita-cita agar bisa mengembangkan
daerah layanannya ke seluruh daerah di Indonesia dan ke luar negeri. Dia juga
ingin mengembangkan layanan jasa design interior untuk berbagai kalangan dengan
format reparasi. “Tujuannya, agar para pelanggan bisa menghemat dan
memanfaatkan barang-barang yang sudah ada,” kata ayah dua anak itu.
Komentar
Posting Komentar